Minggu, 15 Oktober 2017

Aku Ingin Gila Bersamamu

satu nanti
pada hujan yang ke-Neruda-nerudaan persis ini
aku bakal lebih sering
berpuisi untukmu
sebab benar katamu, aku adalah penyair
matiku dikenang sebagai penyair
dan hujan macam ini, berkat titahku
akan jatuh di atas kertas
sebagai puisi utuh yang semerbak legenda
yang tak jemu dibaca bolak-balik
oleh umat manusia
yang laris dijajakan di kedai buku
dipuja-diludah kritikus
diidolai muda-mudi sambil sesujud

benar katamu, aku adalah penyair
--pernahkah kamu mengatakannya? aku ragu
atau aku hanya mengkhidmati kegilaanku
di tengah masyarakat yang tampaknya
terlalu sehat-sehat saja
atau berpura-pura sehat
sebab kata filsuf pujaanmu yang kepala
dan isinya sama-sama licin itu:
orang gila harusnya dilepas di tengah
komplotan orang-orang sehat
bukan dikandangi sambil diikat tali rafia

tapi apakah aku gila, aku tak peduli
aku ingin gila bersamamu
di tengah masyarakat waras
seperti pada hujan kali ini
hari Senin. Senin yang begitu tega
apalagi Senin ini, Senin di pemakaman! (tahulah apa ini maksud
baru saja kita membaca puisi tentang
kantor dan pemakaman tadi pagi)

aku ingin gila bersamamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar